Gaji Guru PNS Naik 10%, Guru Honor Mampukah?

Ketika ada secarik kertas dari kantor UPTD Pendidikan mendadak membuat semua guru PNS sedikit tersenyum, karena mendapatkan kenaikan gaji 10 % yang terhitung dari Januari 2012, dan pencairannya pun akan dipercepat, yang biasanya gaji rapel itu akan dicairkan pada bulan April untuk periode sekarang akan dicairkan pada bulan Maret, lebih cepat satu bulan, lumayan bukti nyata Reformasi Birokrasi sudah berjalan. Tetapi kabar lainnya juga perlu diperhitungkan karena kabarnya pemerintah akan menaikkan BBM Premium sebesar 2000/ltr waduuuuuuuuuuuuuuuuuh, baru seneng denger kenaikkan gaji Guru PNS ketiban 10% kenaikkan gaji, skrg ketiban pusing dengan naikknya BBM karena sampai sekarang gaji guru Honorer belum juga naik, yang gaji pokoknya juga hanya Rp 300.000/bln.
Semoga saja dengan adanya kenaikkan gaji 10% ini akan menambah kinerja pegawai, terutama dalam hal ini rekan-rekan guru PNS. karena dengan bersungguh-sungguhya bapak ibu guru akan memajukan dunia pendidikan Indonesia. Dengan kenaikan 10% itu jadikanlah berkah dan syukurilah meskipun pengeluaran untuk kebutuhan akan lebih besar, karena Pegawai PNS lebih beruntung dibandingkan dengan tenaga Honorer, yang hanya di gaji oleh sekolah sebesar RP. 300.000/bln dikarenkan adanya aturan BOS untuk membayar Belanja Honorer sebesar 20%, padahal beban mengajar antara Honorer dengan Guru PNS sama Bahkan mungkin lebih berat. tetapi itulah kehidupan, kita tinggal menjalani peran kita kalau perlu kita pindah keperan yang lain yang menurut kita lebih mengasyikkan, tetapi mampukah kita? merubah peran atau memilih peran yang lebih baik, atau mungkin di Indonesia peran-peran (lowongan pekerjaan) itu sudah tidak ada, atau kita sudah tidak mampu untuk memunculkan peran baru yang menurut kita lebih mengasyikkan.
Kawan guru honorer seperjuangan, marilah belajar memunculkan peran (potensi) baru kita tanpa meninggalkan peran lama kita (guru honorer), karena dengan kebiasaan memunculkan peran baru itu maka lama-kelamaan kita akan terbiasa dengan peran ganda tersebut (honorer plus wiraswasta), Tunjukkanlah kalau kita mampu....!